VISI, MISI, TUJUAN
DAN QUALITY ASSURANCE (JAMINAN MUTU)
SDIT KHOIRU UMMAH
1.
Visi :
Menjadi
Sekolah Efektif (The Effectif School),
Sekolah Unggul (The Excellent School), Sekolah Masa Depan (The Future School)
Sekaligus Sebagai Pelopor Pembentukan Generasi Qur Ani Yang Sholeh, Cerdas dan
Mandiri di Kabupaten Rejang Lebong
2. Misi
a. Membangun dan mewujudkan strategi pembelajaran yang
menyenangkan, efektif dan Islami (MEI)
b. Melakukan Islamisasi dalam isi dan seluruh proses
pembelajaran
c. Mengembangkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual
dan kecerdasan intelektual
d. Melatih kedisiplinan, kemandirian, inisiatif dan
kreatifitas
e. Membentuk peserta didik selalu mencintai Al-Quran
f. Berupaya mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang
profesional
3. Tujuan
a. Membantu pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam
upaya mencerdaskan kehidupan bangsa
b. Menjadikan SDIT Khoiru Ummah sebagai pondasi awal
pembentukan keperibadian integral yang menyelaraskan antara kebutuhan akal,
jasad dan ruh; kognitif, afektif dan psikomotor; kecerdasan, keterampilan,
kemandirian dan akhlak yang mulia
4. Quality Assurance (Jaminan
Mutu)
a. SHOLAT DENGAN KESADARAN
b. HAFAL 2 JUZ AL QUR’AN (29-30)
c. SENANG MEMBACA & BELAJAR
d. MAMPU BERKOMUNIKASI BAHASA ARAB SEDERHANA
e. HAFAL 40 HADITS
f. HAFAL DZIKIR DAN DOA SETELAH SHOLAT
g. MAMPU BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS SEDERHANA
h. BERAKHLAK ISLAMI
i. KEMAMPUAN DASAR MATEMATIS
j. KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG BAIK
k. NILAI 5 BIDANG STUDI UTAMA TUNTAS
i. BERSI H, RAPI & DISIPLIN
PROGRAM KERJA SDIT KHOIRU UMMAH
B A B I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan suatu bangsa amat
di tentukan oleh keberadaan generasi muda di negeri itu sendiri. Sementara
tidak banyak yang bisa diharapkan, bila para generasi mudanya generasi yang terbelakang
terutama dalam hal ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu tidak lah berlebihan bila
kemudian lahirlah undang-undang yang mengatur tentang pendidikan itu sendiri.
Berbicara tentang dunia pendidikan tentu tidak bisa terlepas serta mengabaikan
peran dari pelaksana pendidikan di lapangan, karena di tangan merekalah
setumpuk harapan di gantungkan, sementara kinerja para pelaksana pendidikan di
lapangan dan seluruh komponen pengelola pendidikan tidak akan berjalan optimal
bila tidak di tunjang dengan program yang jelas dan terarah.
B. Pengertian
Program jangka panjang
adalah suatu keinginan yang ingin di capai dalam waktu yang tidak terbatas,
tentunya sepanjang sistim pendidikan itu berjalan. sedangkan program jangka
menengah adalah sutu capaian yang ingin diraih di delapan tahuan kedepan.
adapun program tahunan adalah acuan dalam melaksanakan tugas selama tahun
bersangkutan. jadi Program jangka panjang, menengah dan tahunan adalah
merupakan suatu acuan kerja yang harus di lakukan oleh segenap pelaksana pendidikan
pada SDIT KHOIRU UMMAH. sehingga dalam menjalankan tugas-tugas nya tetap pada
ketentuan yang telah di tetapkan bersama.
C.Dasar
Dasar program jangka panjang menengah dan program tahunan
adalah
1.Undang-Undang SISDIKNAS pasal lima
ayat satu tahun 2003
2. Perangkat Kurikulum 2006
3. kalender pendidikan tahun
2009-2010
4. Petunjuk dan arahan DISDIK Rejang
Lebong
5. keputusan rapat dewan guru,
komite Sekolah dan kepala sekolah pada
12 Juli 2009
D. Tujuan
Program
jangka panjang menengah dan tahunan ini di susun agar dapat di jadikan arahan
dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. sehingga tujuan pendidikan secara
nasional juga dapat di wujudkan.
E. Ruang lingkup
Panduan ini memuat
hal – hal sebagai berikut.
1. Pendahuluan
Menguraikan tentang
latar belakang, pengertian, dasar dan tujuan.
2. Program kerja sekolah meliputi: Program jangka panjang
menengah
dan program tahunan yang ingin di capai.
3. Uraian tugas, meliputi rincian tugas guru
4. Analisis permasalahan – permasalahan.
BAB II
A.
PROGRAM JANGKA PANJANG
Beberapa hal yang ingin di capai dalam pelaksanaan
pendidikan pada SDIT KHOIRU UMMAH yang merupakan program jangka panjang adalah :
- Terwujudnya amanah undang-undang Sisdiknas yang telah di tetapkan oleh Pemerintah
- Terwujudnya Visi dan Misi SDIT KHOIRU UMMAH.
- Menjadi lembaga Pendidikan yang berkualitas dan mencetak lulusan yang
- Memiliki Kompetensi.
- Menerapkan nilai-nilai Islam dalam pergaulan sehari-hari
- Membetuk pribadi-pribadi yang mencintai Alqur’an.
- Mencetak hafidh/hafidhah Al-Qur’an utamanya juz 29-30
- Mencetak generasi yang siap bekerja untuk masyarakatnya.
B.
PROGRAM JANGKA MENENGAH
Dalam hal capaian yang ingin di raih dalam jangka
menengah meliputi 3 hal, yaitu hal yang berkenaan dengan program:
1. Tersedianya sarana/pra sarana pendidikan
2. Kekuatan hukum atas lembaga Pendidikan
3. Program pembangunan mental.
1.1. Tersedianya
sarana/pra sarana pendidikan
Sehubunan
dengan masih banyaknya kekurangan sarana dan prasarana yang di miliki oleh SDIT KHOIRU UMMAH berupa sarana penunjang pendidikan
maka pada program jangka menengah ini warga sekolah akan mengupayakan kepada
pihak-pihak terkait baik itu Pemerintah Daerah Rejang Lebong serta Masyarakat
pada umumnya untuk dapat memberikan bantuan berupa :
a. Empat ruang kelas baru, untuk lokal belajar murid baru tahun pelajaran
2011-2012.
b. Pembangunan dan
tersedianya ruang UKS
c. Tersedianya ruang Kepala
Sekolah
2.2. Kekuatan Hukum atas
lembaga Pendidikan
Dalam hal status lembaga
pendidikan, SDIT KHOIRU UMMAH sebagai lembaga pendidikan swasta, maka dalam
jangka menengah ini sekolah akan mengupayakan terrwujudnya Akreditasi Sekolah
(Akreditasi A) dengan konsekwensi melengkapi semua persyaratan yang telah
ditentukan
3.3. Pembangunan Mental
Dalam hal pembangunan mental
program yang ingin di capai adalah
1. Tersedianya tenaga-tenaga pendidik yang memiliki
kualifikasi di Bidangnya masing-masing
dan memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1
2. Seluruh siswa dapat menghapal surat pada juz 29-30
sesuai dengan tahapan masing-masing
3. seluruh siswa dapat membaca Al-Qur’an
4. seluruh siswa dapat melaksanakan shalat secara benar dan penuh kesadaran
5. Hapal dan mengaflikasikan do’a-do’a pendek sehari-hari
6. seluruh siswa dapat menerapkan adab-adab Islami dalam kehidupan.
PROGRAM KERJA TAHUNAN SDIT KHOIRU UMMAH TAHUN 2012/2013
NO
|
JENIS
|
URAIAN KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET YANG INGIN DI CAPAI
|
DUKUNGAN BIAYA
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
PELAKSANA/PENANGGUNG JAWAB
|
KETERANGAN
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||
I
|
UMUM
|
1.
Rapat Dewan Guru
|
-
semua guru
-
Pembagian tugas
|
-Terciptanya
proses
KBM yang baik
-
|
Kas Sekolah
|
12
Juli 2012
|
Kepala
Sekolah
|
|||
1.
M O S
|
Siswa
baru
|
Kas Sekolah
|
13
Juli 2012
|
Dewan
Guru
|
||||||
2.
Rapat Komite +
Wali
|
-Penyampaian program Sekolah
|
-Masyarajat
terlibat aktif dalam beberapa hal
terhadap proses pendidikan
|
Kas
Sekolah
|
16
Juli 2012
|
Kepala
& Komoite
|
|||||
3.
Pembinaankepegawaian dan siswa
|
Kepala
Sekolah,guru dan siswa
|
-terwujudnya
budaya disiplin dalam menjalankan tugasnya masing2.
|
Kas
Sekolah
|
Setiap
hari
Terutama
hari Senin
|
Ka Sekolah
Wk Ka Sekolah
|
|||||
4.
Peringatan hari-hari besar
|
Siswa
|
-Peningkatan
sipat patriotisme,Nasionalisme,serta kesadaran beragama
|
Uang Kegiatan
Siswa
|
Disesuaikan
dg Kaldik
|
Panitia
|
|||||
5.
Pelaksanaan 6 K
|
Siswa
dan Guru
|
-Terciptanya rasa nyaman
Dan rasa
kekeluargaan
|
Uang Kegiatan
Siswa
|
Sepanjang tahun
|
Guru Piket
|
|||||
7.Senam
pagi/santri
|
Siswa
dan guru
|
Sehat Jasmani
|
Uang Kegiatan
Siswa
|
Setiap Jumat pagi
|
Guru Penjaskes
|
|||||
II
|
KURIKULUM
|
1.Penyusunan
Jadwal
|
Guru
|
Kelancaran proses KBM
|
13 Juli 2012
|
Ka Sekolah
|
||||
2. Pengelolaan Kurikulum
|
Guru
|
Guuru
mampu membuat semua perangkat pembelajaran yanng di perlukan
|
14
Juli 2012
|
Kepala
Sekolah
|
||||||
3.
Menyusun Prota, Prosem, RPP dan Silabus
|
Guru
|
Terarahnya kegiatan Proses Belajar Mengajar
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||||
4.Kegiatan
Belajar Mengajar
|
Guru dan Siswa
|
Tercapainya pendidikan yang bermutu
|
Sepanjang Tahun
|
Kepala Sekolah dan Dewan Guru
|
||||||
5.Evaluasi
Hasil Belajar
|
Tercapainya Target Kuriokullum
|
Daya serap yang di peroleh sesuai dengan kontrak nilai
|
Setiap Akhir Semester
|
Kepala Sekolah
|
||||||
6.Pembagian Raport
|
Seluruh Siswa
|
Adanya gambaran tenteng hasil belajar siswa
|
22 Desember 2012 SM.1
22 Juni 2013. SM.2
|
Wali Kelas
|
||||||
III
|
ADM KURIKULUM
|
1.Pengadaan Buku
pegangan Guru/buku penunjang
|
-Guru Mata Pelajaran
-Seluruh Siswa
|
Terciptanya KBM yang baik
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||
2.Pengadaan
ATK Guru
|
Guru
|
Memudahkan guru dalam menyususn perangkat pembelajaran
|
Juli 2012
|
Wk Kepala Sekolah
|
||||||
IV
|
ADMINISTRASI SISWA
|
1.Pendataan Siswa Awal
Tahun
|
Siswa
|
Memiliki data yang palid tentang peserta didik
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
dan Wali Kelas
|
||||
2.
Penerimaan Siswa Baru
|
Kelas Satu
|
Terwujudnya keberlangsungan pendidikan
|
Juli 2012
|
Panitia PSB
|
||||||
V
|
ADMINISTRASI
KEPEGAWAIAN
|
1.Pendataan
Kepegawaian
|
Ka Sekolaah,Guru dan Stap
|
Memiliki data yang akurat tentang tenaga pendidik dan
tenaga kepegawaian lainnya
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||
2.Pembagian
Tugas Guru
|
Guru
|
Efesiensi pendaya gunaan ketenagaan yang ada
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||||
3.Supervisi kelas
|
Guru
|
Terpantau nya Proses KBM dengan baik
|
Setiap
kelas,satu bulan satu kali
|
Kepala Sekolah
|
||||||
4.Pembinaan
Ketenagaan
|
Guru
|
Meningkatnya kemampuan guru dalam menjalankan
tugas-tugasnya
|
Sepanjang
tahun dan sesuai dengan kebutuhan
|
Kepala sekolah
& Wk Kepala
|
||||||
5.DP 3
|
Guru
|
Meningkatnya semangat kerja dan kedisiplinan para guru
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||||
6.Absensi Guru
|
Guru
|
Terbentuknya disiplin kerja guru
|
Sepanjang
tahun
|
Kepala Sekolah
|
||||||
7.
Pengusulan tunjangan non PNS
|
GTT
|
Meningkatnya kesejahteraan Honorer
|
2012-2013
|
Kepala Sekolah
|
||||||
VI
|
SARANA DAN
PRASARANA
|
1.Menyiapkan
buku agenda, expedisi,
|
Adm Sekolah
|
Tersusunnya sistim ADM yang baik
|
Juli 2012
|
Kepala Sekolah
|
||||
2.Inventarisasi
sarana dan pra sarana
|
Sarana yang ada
|
Terkoordinirnya keberadaan barang
|
Agustus 2012
|
Kepala
ASekolah
|
||||||
3.Pemeliharaan
|
Sarana yang ada
|
Pemanfaatan yang optimal
|
Sepanjang
Tahun
|
Semua Warga
Madrasah
|
||||||
VII
|
HUMAS
|
Hubungan sekolah dg Masyarakat
|
Guru dan Masyarakat
|
Terbangunnya komunikasi antara pihak sekolah dengan
Masyarakat secara umum
|
Sepanjang
tahun
|
Komite Sekolah
|
||||
VIII
|
LAIN-LAIN
|
1.Peningkatan
6 K
|
Sekolah
|
Terciptanya llingkungan yang bersih sehat dan indah
|
Sepanjang tahun
|
Kepala Sekolah
|
||||
2.Peningkatan Nilai Keagamaan
|
Guru dan Siswa
|
Terbangunnya kesadaran akan pentingnya hidup dengan
nilai nilai Rabbani
|
Sepanjang Tahun
|
Kepala Sekolah
Guru piket
|
||||||
Curup Tengah 13 Juli 2012
Kepala Sekolah
PUADI AL PAJRI, S. Ag, M. Pd
NIPY
BAB III
PENUTUP
Dengan
selalu berharap akan petunjuk dari ALLAH Swt muda-mudahan kiranya Program yang
telah disusun ini dapat di jalankan bersama.Terhadap penyusunan progran ini ini
sendiri kami menyadari masih banyak terdapat kekurangan. Insya Allah ke depan kami
akan berusaha untuk melakukan penyempurnaan-penyempurnaan tentunya dengan meminta
bimbingan, arahan baik dari pemerintah dalam hal ini DISDIK Rejang Lebong maupun pihak-pihak lain yang peduli dengan dunia pendidikan.
Akhir
kata semoga Allah SWT menjadikan kerja-kerja kita, pada dunia pendidikan
menjadi amal ibadah sehingga kita dapat meraih kehidupan yang Hasanah baik di
dunia maupun di akhirat.
0 komentar:
Posting Komentar